TUGAS
PERENCANAAN
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Tentang
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS X SMA PADA STANDAR KOMPETENSI 3INDIKATOR 3.1 -
3.3
O
L
E
H
ANDRIZAL
PMTK VB
JURUSAN
TARBIYAHPROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKASTAIN
SJECH M. DJAMIL DJAMBEKBUKITTINGGI
TAHUN
AJARAN 2012/2013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I.
I.IDENTITAS
Satuan Pendidikan : SMAN 1
Mata Pelajaran : MatematikaKelas/Semester : X / 1
Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi : 3. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan sistim persaman linear
Dan
pertaktaksamaan linear dua variabel
Kompetesi Dasar : 3.4 Menyelesaikan sistim persmaan linear
dan sistim persamaan canpuran
Linear dan kuadrat dlam dua variable
2.
merancang model matematika yang berkaitan dengan persamaan linear
Dua variable
3.
menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
Persamaan linear dan penafsirannya
Indikator
pencapaian kopetensi :
1
.menentukan penyelesaian sistim persamaan linear dua variabel
2. menentukan penafsiran geometri dari pnyelesaian persamaan
linear dua
variabel
3. mengidentifikasi masalah yang berkaitandengan persamaan
linear serta
Membuat model
matematika nya
Tujuan Pembelajaran :
1. dapat mengidentifikasikan masalah yang berhubungandengan persamaan linear dua variable serta membuat model matematikanya
2. dapat Menyelesaikan model matematika dan menafsirkanhasil
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
II.
Materi Ajar
A.
kosep
Untuk mengetahui apakah suatu
masalah dapat dikonversikan ke bentuk persamaan linear dua varibel pada umumnya
mengandung kata-kata dua variable berpang kat satu
Secara umum langkah-langkah dalam memecahkan
masalah tersebut adalah:
- Metode grafik
- Metode substitusi
- Metode eliminasi
4.
Metode gabungan substitusi-eliminasi
.
B. Fakta
Metode
substitusi:
Dari persamaan 1: 2x – y = 8 → 2x – 8 = y
Masukkan ke persamaan 2:
x + 2y = 14
x + 2.(2x – 8 ) = 14
x + 4x – 16 = 14
5x = 14 + 16
5x = 30
x = 30/5 = 6
y = 2x – 8 = 2.6 – 8 = 12 – 8 = 4
Jadi penyelesaiannya: {(6, 4)}
Metode eliminasi:
Eliminasi x: (Persamaan 2 dikali 2)
2x – y = 8
2x + 4y = 28 – (dikurangi karena nilai x-nya sama-sama positif)
–5y = –20
y = –20/–5 = 4
Eliminasi y: (Persamaan 1 dikali 2)
4x – 2y = 16
x + 2y = 14 + (ditambah karena nilai y-nya positif dan negatif)
5x = 30
x = 30/5 = 6
Jadi penyelesaiannya: {(6, 4)}
Metode gabungan (eliminasi-substitusi)
Eliminasi x: (Persamaan 2 dikali 2)
2x – y = 8
2x + 4y = 28 – (dikurangi karena nilai x-nya sama-sama positif)
–5y = –20
y = –20/–5 = 4
Masukkan ke salah satu persamaan, misalnya persamaan 1:
2x – y = 8
2x – 4 = 8
2x = 8 + 4
2x = 12
x = 12/2 = 6
Jadi penyelesaiannya: {(6, 4)}
Dari persamaan 1: 2x – y = 8 → 2x – 8 = y
Masukkan ke persamaan 2:
x + 2y = 14
x + 2.(2x – 8 ) = 14
x + 4x – 16 = 14
5x = 14 + 16
5x = 30
x = 30/5 = 6
y = 2x – 8 = 2.6 – 8 = 12 – 8 = 4
Jadi penyelesaiannya: {(6, 4)}
Metode eliminasi:
Eliminasi x: (Persamaan 2 dikali 2)
2x – y = 8
2x + 4y = 28 – (dikurangi karena nilai x-nya sama-sama positif)
–5y = –20
y = –20/–5 = 4
Eliminasi y: (Persamaan 1 dikali 2)
4x – 2y = 16
x + 2y = 14 + (ditambah karena nilai y-nya positif dan negatif)
5x = 30
x = 30/5 = 6
Jadi penyelesaiannya: {(6, 4)}
Metode gabungan (eliminasi-substitusi)
Eliminasi x: (Persamaan 2 dikali 2)
2x – y = 8
2x + 4y = 28 – (dikurangi karena nilai x-nya sama-sama positif)
–5y = –20
y = –20/–5 = 4
Masukkan ke salah satu persamaan, misalnya persamaan 1:
2x – y = 8
2x – 4 = 8
2x = 8 + 4
2x = 12
x = 12/2 = 6
Jadi penyelesaiannya: {(6, 4)}
III.
Metode pembeljaran
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Pemberian tugas
IV.
Kegiatan pembelajaran
Pertemuan ke-
|
kegiatan
|
||
pendidik
|
Peserta didik
|
waktu
|
|
I
|
Kegiatan awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran
Pendidik mengambil absem peserta
didik ( membangun rasa kebersamaan antara pendidik dengan pserta didik serta
antara sesame peserta didik )
1.
Apersepsi
Pedidik
myuruh peserta didik mgumpulkan PR minggu lalu dan membahasnya secara
bersama-sama
2.
Motifasi
Apabila
peserta didik sapat menyelesaikan dengan baik maka peserta didik dapat
menyelesaikan persamaan linear dua variable
3.
Tujuan
Pendidik
mengkomunikasikan tujuan pembeljaran dan hasil pembeljaran
4.
Guru
Guru
mengkomfirmasikan cara pembelajaran yang akan di tempuh
Kegiatan
inti
Ekspolorasi
1.
Pendidik
memberikan informasi dengan metode pembelajaran langsung mengenai materi yang
akan di peljari secara garis besar
( tanggung jawab)
2.
pendidik
membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang mana tiap kelompok
terdiri dari 6 sampai 7 orang dan meminta peserta didik duduk pada klompok
yang telah di tentukan
3.
pendidik
membagikan bahan-bahan diskusi pada kelompok mengenai defenisi persamaan
linear, campuran linear dan kuadrat dalam dua variable pada tiap kelompok dan
di selesaikan oleh anggota kelompok ( tanngung jawab)
Elaborasi
1.
pendidik
memotifasi, memfasilitasi kerja pesrta didik, membantu peserta didik yang
mengalami kesulitan dan mengamati tiap anggota dalam tiap kelompok diskusi
2.
pendidik
menyuruh anngota kelompok untuk menyelesaikan latihan yang ada pada bahan
tersebut
Komfirmasi
1.
pendidik
meminta perwakilan dari tiap kelompok untuk mempersentasikan hasil diskusinya
2.
pendidik
melakukan obserfasi dan membimbing terhadap pekerjaan peserta didik
3.
pendidik
memberikan pnguata konsep materi yang telah di pelajari
4.
pendidik
memberikan tes/kuis pada peserta didik secara indifidual
Kegiatan
penutup
1.
pendidik
membimbing peserta didik menyimpulkan kembali materi yang telah dipeljari
2.
pendidik
memberikan tugas tugas kepada pserta didik untuk di kerjakan di rumah
3.
pendidik
menginformasika materi yang akan di pelajari minggu depan
|
Peserta didik memimpin do’a (
menujukan pembelajaran adalah ibadah )
Peserta didik mempersentasikan PR
yang telah di buat
Pesrta didik memperhatikan
pendidik ( menghormati )
Peserta didik duduk pada kelompok
masing-masing
Tiap kelompok menerima bahan
mengenai defenisi persamaan linear, campuran linear dan kuadrat dalam dua
variable
Peserta didik mendiskusikan bahan
yang telah di peroleh ( kerja sama )
Peserta didik menyelesaikan
latihan yang ada pada bahan tersebut ( tanggung jawab)
Perwakilan dari tiap-tiap kelompok
mempersentasikan hasil diskusinya, peseta didik yang lain memperhtika ke
depan
Peserta didik memperhtikan
pengutanyang di berikan pendidik
Peserta didik mengerjakan soalkuis
yang di berikan
Peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran di bawah pngawasan pendidik
Peserta didik mendengarkan apa
yang diistruksikan pendidik ( menghargai )
Peserta didik memperhatikan
informasi yang di berikan pendidik ( menghargai )
|
15 menit
65 menit
20 menit
|
Contoh
soal dan cara pnylesaianya
Metode grafik:
→ gambar grafik untuk tiap persamaan, cara paling mudah: masukkan x = 0, hitung nilai y untuk mendapatkan titik pertama; lalu masukkan y = 0, hitung nilai x untuk mendapatkan titik kedua
→ jika saat dimasukkan x = 0, didapatkan nilai y = 0, untuk mendapatkan titik kedua masukkan nilai x selain 0
Metode substitusi:
Dari persamaan 1: 2x – y = 8 → 2x – 8 = y
Masukkan ke persamaan 2:
x + 2y = 14
x + 2.(2x – 8 ) = 14
x + 4x – 16 = 14
5x = 14 + 16
5x = 30
x = 30/5 = 6
y = 2x – 8 = 2.6 – 8 = 12 – 8 = 4
Jadi penyelesaiannya: {(6, 4)}
Metode eliminasi:
Eliminasi x: (Persamaan 2 dikali 2)
2x – y = 8
2x + 4y = 28 – (dikurangi karena nilai x-nya sama-sama positif)
–5y = –20
y = –20/–5 = 4
Eliminasi y: (Persamaan 1 dikali 2)
4x – 2y = 16
x + 2y = 14 + (ditambah karena nilai y-nya positif dan negatif)
5x = 30
x = 30/5 = 6
Jadi penyelesaiannya: {(6, 4)}
Metode gabungan (eliminasi-substitusi)
Eliminasi x: (Persamaan 2 dikali 2)
2x – y = 8
2x + 4y = 28 – (dikurangi karena nilai x-nya sama-sama positif)
–5y = –20
y = –20/–5 = 4
Masukkan ke salah satu persamaan, misalnya persamaan 1:
2x – y = 8
2x – 4 = 8
2x = 8 + 4
2x = 12
x = 12/2 = 6
Jadi penyelesaiannya: {(6, 4)}
Metode grafik:
→ gambar grafik untuk tiap persamaan, cara paling mudah: masukkan x = 0, hitung nilai y untuk mendapatkan titik pertama; lalu masukkan y = 0, hitung nilai x untuk mendapatkan titik kedua
→ jika saat dimasukkan x = 0, didapatkan nilai y = 0, untuk mendapatkan titik kedua masukkan nilai x selain 0
Metode substitusi:
Dari persamaan 1: 2x – y = 8 → 2x – 8 = y
Masukkan ke persamaan 2:
x + 2y = 14
x + 2.(2x – 8 ) = 14
x + 4x – 16 = 14
5x = 14 + 16
5x = 30
x = 30/5 = 6
y = 2x – 8 = 2.6 – 8 = 12 – 8 = 4
Jadi penyelesaiannya: {(6, 4)}
Metode eliminasi:
Eliminasi x: (Persamaan 2 dikali 2)
2x – y = 8
2x + 4y = 28 – (dikurangi karena nilai x-nya sama-sama positif)
–5y = –20
y = –20/–5 = 4
Eliminasi y: (Persamaan 1 dikali 2)
4x – 2y = 16
x + 2y = 14 + (ditambah karena nilai y-nya positif dan negatif)
5x = 30
x = 30/5 = 6
Jadi penyelesaiannya: {(6, 4)}
Metode gabungan (eliminasi-substitusi)
Eliminasi x: (Persamaan 2 dikali 2)
2x – y = 8
2x + 4y = 28 – (dikurangi karena nilai x-nya sama-sama positif)
–5y = –20
y = –20/–5 = 4
Masukkan ke salah satu persamaan, misalnya persamaan 1:
2x – y = 8
2x – 4 = 8
2x = 8 + 4
2x = 12
x = 12/2 = 6
Jadi penyelesaiannya: {(6, 4)}
V. SUMBER/BAHAN/ALAT BANTU
A. Sumber :
1. Buku Kompetensi matematika SMA 1A
Kelas X, Johanes, dkk. 2006. Yudhistira.
2. Buku Paket Matematka SMA Kelas X, B.K.
Noormandiri. 2007. Erlangga.
3. Buku paket Matematika SMA Kelas
X, Asdiawati & Rismawati. 2007. UNM Mks.
4. Buku paket Matematika SMA Kelas 1
semester 1, Marten Kanginan. 2004.Grafindo Media
B.
Pratama.Bahan :
LKS,
bundel (kertas, map).
C.
Alat : Notebook, kalkulator, mistar.
VI. PENILAIAN DAN PROGRAM TINDAK
LANJUTA.
A.
Prosedur Penilaian
Penilaian Kognitif
Jenis : Tugas individu (PR)
Bentuk : Uraian
Penilaian Psikomotor
Jenis : -
Bentuk : -
Penilaian Afektif
Jenis : Etika, partisipasi, kehadiran, tanggung jawab.
Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa (terlampir).
C. Program Tindak Lanjut
1. Siswa yang memperoleh nilai UH SK
3 < KKM mengikuti remedial
(bimbingankhusus) GMP, pemberian tugas soal, membuat rangkuman).
2.Siswa yang memperoleh nilai UH SK 3 KKM mengikuti program
pengayaan(pendalaman
materi, aplikasi soal, membimbing teman).
VII. Pedoman
penilaian
Nilai(n)= jumblah skor yang di
peroleh X 100
Jumblah skor max
Tidak ada komentar:
Posting Komentar