Senin, 28 Januari 2013

SK dan KD SMA KELAS X


SK DAN KD KELAS X
(Diajukan Dalam Rangka Memenuhi Tugas
PERENCANAAN)






Oleh :
Kelompok III
            Lidya lestari zefri     (2410.066)
        Melda  Yanti            (2410. 072)
        Andrizal                    (2410.078)
          Rani fitria.S                (2410.079)
          Ira syafitri                   (2410.086)
          Andi fajri                    (2410.089)

Dosen Pembimbing:
IMAMUDDIN, M.Pd
PROGAM STUDI MATEMATIKA JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SJECH. M DJAMIL DJAMBEK
BUKITTINGGI
2012




Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Jurusan            : X / Umum
Semester                      : Ganjil
STANDAR KOMPETENSI
1.      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
INDIKATOR:     1. Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat
                              2. Mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya
                              3. Mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya
                              4. Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar)
                              5. Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar
                              6. Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar
                              7. Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya
                              8. Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif
                               9. Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan    pokok yang sama
                              10. Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya
                              11. Melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma
                              12.Menentukan logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk perhitungan
         1.2   Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
INDIKATOR:     1. Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma
                              2.   Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan logaritma
          2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
KOMPETENSI DASAR
          2.1  Memahami konsep fungsi
INDIKATOR:      1.  Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi
2.     Mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
          2.2 Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
INDIKATOR:      1. Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear), dan fungsi kuadrat
2.3.  Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
INDIKATOR:      1.  Menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran, meleng-kapkan bentuk kuadrat sempurna, dan rumus abc
                               2.  Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat
                               3.    Menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan   kuadrat
                               4. Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
                               5. Menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien per-samaan kuadrat

         2.4. Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
INDIKATOR:     1.   Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui serta menentukan penyelesaian persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat
                              2.   Menentukan persamaan kurva dari suatu fungsi kuadrat
          2.5. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat
INDIKATOR:      1. Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat serta membuat model matematikanya
         2.6. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
INDIKATOR:      1. Menyelesaikan model matematika dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
3.    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel
KOMPETENSI DASAR
3.1. Menyelesaikan sistem persamaan  linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
INDIKATOR:      1. Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
                               2. Memberikan tafsiran geometri dari penyelesaian sistem persamaan  
                                    linear  dua variabel
                               3.  Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel
                               4.  Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel
                               5.  Menentukan penyelesaian sistem persamaan kuadrat dua variabel
                               6. Menyelesaikan sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel
3.2. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
INDIKATOR:      1. Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan  sistem persamaan linear serta membuat model matematikanya
3.3.        Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
INDIKATOR:      1. Menyelesaikan model matematika dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
3.4.        Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
INDIKATOR:      1.Menjelaskan sifat dan aturan yang digunakan dalam proses penyelesaian pertidaksamaan
2. Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat)
                               3. Menentukan penyelesaian pertidaksamaan bentuk akar dan bentuk nilai
                                  mutlak
3.5.       Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel
INDIKATOR:      1. Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel serta membuat model matematikanya
             3.6     Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya
INDIKATOR:      1. Menyelesaikan model matematika dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel


Tidak ada komentar:

Posting Komentar