SK DAN KD KELAS X
(Diajukan
Dalam Rangka Memenuhi Tugas
PERENCANAAN)
Oleh
:
Kelompok
III
Lidya lestari zefri (2410.066)
Melda Yanti (2410. 072)
Andrizal
(2410.078)
Rani fitria.S
(2410.079)
Ira syafitri
(2410.086)
Andi fajri
(2410.089)
Dosen Pembimbing:
IMAMUDDIN, M.Pd
PROGAM
STUDI MATEMATIKA JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SJECH.
M DJAMIL DJAMBEK
BUKITTINGGI
2012
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Jurusan : X / Umum
Semester : Ganjil
STANDAR KOMPETENSI
1.
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
INDIKATOR:
1. Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat
2.
Mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif,
dan sebaliknya
3.
Mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya
4.
Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan
irrasional (bilangan bentuk akar)
5.
Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar
6.
Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar
7.
Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya
8.
Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif
9.
Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama
10.
Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya
11.
Melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma
12.Menentukan
logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian
(tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan
logaritma untuk perhitungan
1.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
INDIKATOR: 1. Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan
logaritma
2. Membuktikan
sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan logaritma
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi,
persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
KOMPETENSI
DASAR
2.1 Memahami konsep fungsi
INDIKATOR: 1. Membedakan relasi yang merupakan
fungsi dan yang bukan fungsi
2.
Mengidentifikasi
fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
2.2 Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi
kuadrat
INDIKATOR: 1. Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan,
fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear), dan fungsi kuadrat
2.3. Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat
INDIKATOR: 1. Menentukan akar-akar persamaan
kuadrat dengan pemfaktoran, meleng-kapkan bentuk kuadrat sempurna, dan rumus
abc
2. Menentukan
himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat
3. Menggunakan diskriminan dalam pemecahan
masalah persamaan kuadrat
4.
Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
5.
Menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien per-samaan
kuadrat
2.4. Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
INDIKATOR: 1. Menyusun persamaan kuadrat yang
akar-akarnya diketahui serta menentukan penyelesaian persamaan yang dapat
dibawa ke bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat
2. Menentukan
persamaan kurva dari suatu fungsi kuadrat
2.5.
Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau
fungsi kuadrat
INDIKATOR: 1. Mengidentifikasi
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat serta membuat model
matematikanya
2.6. Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi
kuadrat dan penafsirannya
INDIKATOR: 1. Menyelesaikan model matematika dan menafsirkan hasil penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
3.
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu
variabel
KOMPETENSI
DASAR
3.1.
Menyelesaikan sistem persamaan linear
dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
INDIKATOR: 1. Menentukan penyelesaian sistem
persamaan linear dua variabel
2. Memberikan
tafsiran geometri dari penyelesaian sistem persamaan
linear dua variabel
3. Menentukan penyelesaian sistem persamaan
linear tiga variabel
4. Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel
5. Menentukan penyelesaian sistem persamaan
kuadrat dua variabel
6.
Menyelesaikan sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan
dua variabel
3.2. Merancang model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear
INDIKATOR: 1. Mengidentifikasi
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear serta membuat model matematikanya
3.3.
Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan
penafsirannya
INDIKATOR: 1. Menyelesaikan model matematika dan menafsirkan hasil penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear
3.4.
Menyelesaikan
pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
INDIKATOR: 1.Menjelaskan sifat dan aturan yang digunakan dalam proses penyelesaian
pertidaksamaan
2.
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk
pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat)
3. Menentukan penyelesaian pertidaksamaan bentuk akar dan
bentuk nilai
mutlak
3.5.
Merancang
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu
variabel
INDIKATOR: 1. Mengidentifikasi
masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel serta membuat
model matematikanya
3.6 Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu
variabel dan penafsirannya
INDIKATOR: 1. Menyelesaikan model matematika dan menafsirkan hasil penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan
satu variabel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar